Cara Membuka file ter Hidden / tersembunyi

Rizqi zimah h | Kamis, Maret 28, 2013 | 0 komentar

Pada sebuah tutorial komputer yang Anda ikuti mungkin Anda diharuskan untuk membuka suatu folder atau file. Namun setelah Anda cari-cari ternyata folder atau file tersebut tidak ada. Ini disebabkan karena folder tersebut termasuk hidden file/ folder. Lalu bagaimana membukanya? Inilah yang akan saya bahas kali ini. Berikut adalah cara membuka hidden file.
Buka folder option:
  • Pengguna Vista & 7
    1. Klik tombol start.
    2. Pada kotak “Search programs and files”, ketikkan “folder option” (tanpa petik).
    3. Tekan Enter.
  • Pengguna XP
    1. Klik tombol start. Klik “Control Panel”
    2. Klik “Appearance and Themes”
    3. Klik “Folder Options”
Setting pada Folder Options:
  1. Klik tab “View”. Pada bagian “Hidden files and folders”, klik “Show hidden files, folders, and drives”.
  2. Klik “OK”.
  3. Selesai. Kini Anda dapat membuka hidden file pada Windows Explorer.
cara membuka hidden file
Catatan penting:
  • Pada Windows Explorer, hidden file/ folder akan terlihat agak transparan daripada file/ folder biasa.
  • Biasanya hidden file/ folder tidak dapat dimodifikasi atau dihapus. Hal ini karena hidden file/ folder biasanya adalah file penting yang dibutuhkan sistem agar dapat bekerja dengan baik. Dan karena merupakan file penting, maka… (poin berikut)
  • Disarankan agar Anda tidak sembarang memodifikasi atau menghapus hidden file/ folder kecuali Anda tahu benar apa yang Anda lakukan. Memodifikasi atau menghapus sembarangan dapat menyebabkan komputer lambat atau bahkan tidak bekerja dengan baik.
  • Setelah selesai melakukan tujuan Anda pada hidden file/ folder, sebaiknya kembalikan lagi ke konfigurasi semula. Sembunyikan lagi hidden file/ folder tersebut. Ini untuk mencegah terjadinya ketidaksengajaan memodifikasi atau menghapus hidden file/ folder.
  • Cara mengembalikannya adalah dengan klik “Don’t show hidden files, folders, and drives” pada tab “View”. Lihat gambar di atas.
Demikian cara membuka hidden file atau folder. Mungkin awalnya Anda akan butuh waktu agak lama. Tapi setelah terbiasa, Anda akan dapat melakukannya kurang dari 10 detik atau bahkan kurang. Saya telah mempraktekkannya.
sumber : http://www.kompinia.com/cara-membuka-hidden-file/

Category:

aneka-media.blogspot.com:
aneka-media.blogspot.com merupakan media informasi teknologi informasi, programing, tips n trick, download dan tutorial.

0 komentar